Thursday, 1 January 2015

AT THE KITCHEN



CONTEXT BASED LEARNING (#3)

                                               @the kitchen

     Menu kami hari ini adalah balado telur plus kentang. Seperti biasa kami memasak bersama di dapur. Sambil mengupas telur, anak-anak bergantian presentasi tentang hewan-hewan yang  berkembang biak dengan bertelur, mulai dari bangsa unggas sampai ke kura-kura+penyu yang bertelur banyak bahkan sampai ratusan. Tapi yang berhasil jadi kura-kura + penyu hanya beberapa ekor saja. Cerita berlanjut ke mutasi penyu yang bahkan sampai lintas samudra dan benua. Dan kalau mau bertelur mereka akan kembali lagi ke tempat dimana menetas dulu. Pelajaran berakhir dengan pertanyaan pamungkas ke mbah google……

     Yang belajar ternyata bukan anak-anak pada emak, akan tetapi emak pada anak, sebab yang menerangkan dan mengetahui pertama adalah anak, dan emak yg mendengar penjelasan anak, sambil sesekali emak mengajukan pertanyaan “real” bukan menguji tapi karena asli tidak mengetahui.

     Thus, fokus pendidikan homeschooling adalah menghadirkan pengalaman belajar anak, bukan kemampuan kita sebagai orang tua untuk mengajar. Kata KUNCInya adalah BELAJAR bukan MENGAJAR. 


Tanah Mati, 31 Mei 2014

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...