Thursday, 16 April 2015

COOKING HEBOH

     Ada dua kelompok ibu-ibu pembelajar yang selalu belajar saban Jumat dan Rabu di Rumah Belajar An Nahl. Satu kelompok ibu-ibu khusyuk berwibawa,yang rata-rata kelahiran tahun enam puluhan dan tujuh puluhan.Dan satu kelompok lagi ibu-ibu gaul yang heboh, kelahiran tahun delapan puluhan. Mereka selalu giat dan semangat belajar, sehingga semangat belajar mereka mengalir begitu nyata ke diri saya.

    Intelectual curiousity mereka terus berkembang, sehingga mereka ingin belajar apa saja yang dibutuhkan untuk up grade diri menjadi seorang ibu yang disayangi dan menyayangi anak dan keluarga, ibu yang cekatan mengurus rumah tangga, bisa produktif membantu keuangan rumah tangga tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai ibu, serta selalu belajar dan berusaha menjadi ibu sholehah yang suka berbagi dan bertekad hanya berhenti belajar tatkala telah bergelar almarhumah.
    Seperti Rabu kemaren, ibu-ibu gaul heboh belajar dan praktek masak memasak. Ada dua menu yang mereka agendakan, roll cake dan soto betawi.
Untuk roll cake terdaulat sebagai tutor Aisyah bersama Fathimah, duo AiFa. AiFa terutama Aisyah senang sekali karena mereka memang hobi ngebake. Kali ini mereka menerapkan noble attitude, share dengan ibu-ibu yang umurnya jauuuh diatas mereka. Aisyah kelihatan enjoy dan santai saja presentasi, berbicara dan bercanda dengan ibu-ibu gaul heboh itu. Begitu pula sebaliknya ibu-ibu gaul heboh tidak malu dan jaim belajar dengan anak yang umurnya jauuuh dibawah mereka. (Belajar mah bisa dengan guru siapa saja yach).


     Penampakan kuenya sih mulus dan polos biasa aja, tapi soal rasa bisa bersaing lho, ueeenaak pisan! bikin ketagihan, teksturnya juga lembuut banget. Pas matang, satu roll cake besar  "fresh from the oven", dipotong, langsung langsung ludes deh. Ibu-ibu pengen bikin lagi dan lagi sampai persediaan telur habis.

    Lain lagi serunya si soto betawi. Tak seperti soto Padang yang gurih dan enak karena kaya bumbu dan minyak. Soto betawi rasanya enak dan segerrr tak bikin enek. Sama-sama enak tapi beda cita rasa.

 Penasaran? yuuk cigap resepnya dari Fauziah ipar saya dari iparnya lagi Noy asli Betawi (he he, ini lagi belajar literasi media, menyebutkan sumber dengan jelas)

Bahan dan bumbu; 
  1. 6 siung bawang merah (bulat)
  2. 6 siung bawang putih (bulat)
  3. 1 bawang bombay (iris)
  4. 6 biji kemiri 
  5. 1/2 kg daging + tulang
  6. 4 ruas jari jahe (keprek)
  7. 4 ruas jari lengkuas (keprek)
  8. daun jeruk
  9. daun salam
  10. santan 1 butir kelapa (encer)
  11. garam secukupnya
  12. jeruk kesturi
  13. emping melinjo
  14. kentang iris goreng
  15. tomat
  16. daun bawang+seledri
  17. bawang goreng
  18. ayam suir
  19. cabe rawit (rebus, ulek) 
  20. Kerupuk emping
Cara membuat;
  1. No 1,2,3,4 ditumis sampai wangi, terus blender dengan santan
  2. Rebus daging+tulang dengan bumbu no 6,7,8,9.
  3. Masukkan bumbu yang diblender  kalau airnya sudah mendidih
  4. Setelah daging empuk masukkan santan sampai mendidih dan meresap
  5. Tambahkan garam 
Sajikan dengan;
  1. Jeruk kesturi
  2. Emping melinjo
  3. Kentang iris goreng
  4. Tomat
  5. daun bawang+seledri
  6. bawang goreng
  7. Ayam suir
  8. sambel cabe rawit. 
  9. Kerupuk emping
Selamat menikmatiiiii!!!!!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...