Thursday, 10 September 2015

KESEHARIAN

Wainnaka la'ala khuluqin 'azhiim (Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur. (QS Alqalam : 4)

Tidak ada keseharian seorangpun yang baku dan layak ditiru bulat-bulat, kecuali hanya keseharian Nabi Muhammad, Rasulullah saw, karena keseharian beliau adalah Alqur'an, pedoman hidup bagi seluruh manusia.


Namun demikian, kita barangkali perlu juga mengetahui keseharian orang lain, dalam hal ini, keseharian praktisi homeschooling lain, untuk referensi, demi menemukan pola keseharian HS kita sendiri. But, kita tidak bisa meniru, solely, keseharian HS keluarga lain, karena masing-masing keluarga tentu berbeda dan punya keunikan tersendiri.

Nah, yuuuk mari berbagi !!! Inilah keseharian HS kami.....eng ing eeeng......
Ba'da subuh sampai jam 07.00 adalah kegiatan spiritual, seperti tilawah Alqur'an, moroja'ah, menghafal, dan menyetor hafalan.
Dilanjutkan dengan sarapan, beberes dan melaksanakan tanggung jawab masing-masing, seperti Aisyah sang laundry manager, Fathimah cleaning manager, ummi cooking manager, dan seterusnya.

Belajar/learning "something" yang berhubungan dengan kognitif, sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dan disepakati, 1-2 jam saja, meliputi matematika, sains, ilmu sosial, bahasa dan lain-lain.

Setelah selesai dengan jadwal tersebut anak-anak boleh mempelajari "anything else" yang kita beri nama dengan "free bermanfaat". Biasanya mereka memilih membaca (AiFa bookalchoholic), menulis, belajar bahasa asing, utak atik blog, atau masak-masak kue.

Dua kali seminggu anak-anak ikut kursus/bimbel, dan dua kali seminggu juga jadwal tahfiz. Dan diakhir pekan biasanya jadwal sport, seperti cycling,jogging,swimming, archery dan sesekali hiking.

Setelah learning ada saatnya sharing. Ini punya tantangan tersendiri, karena keluarga kami adalah single fighter di HS berbasis keluarga di daerah kami. Tidak ada praktisi HS berbasis keluarga selain dari keluarga kami. So, kami sering mengadakan kegiatan dengan mengajak teman-teman sebaya  Aisyah dan Fathimah yang anak sekolahan, untuk berkegiatan bersama di berbagai grup dan kelompok yang kami gagas, diantaranya; Kelompok Tahfiz Sambalado Ukhuwwah, MDA Baiti-Madrosati, Aisyah English Club, Archery Club, Komunitas SeRu Payakumbuh, Shohibul Hidayah Club, Easy Qur'anic Club, SaQu (Sahabat Qur'an), KaTo dan lain-lain. Grup dan kelompok beralih seiring dengan pertumbuhan usia anak-anak.

Jadwal keseharian tersebut pada hakekatnya sangat flexible. Bisa saja berobah sewaktu-waktu lewat negosiasi atau karena ada hal-hal yang tidak terduga seperti ada kejadian urgent atau important yang mesti dikerjakan. So, biasanya kita berdamai dengan hal itu. Wallahua'alam.




Tanah Mati, 10 September 2015












1 comment:

  1. Nothing special in our daily routine coz we are ordinary persons

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...