Friday, 2 December 2016

TAHAPAN MENJADI BUNDA PRODUKTIF #NHW 7#

REZEKI ITU PASTI KEMULIAAN HARUS DICARI


Metamorfosis  terus berproses. Aku ingin terus menjadi lebih baik tentu saja. Kini kuingin menjadi professional facilitator. Facilitator untuk anak-anakku terutama, dan selanjutnya fasilitator komunitas dan masyarakat.

Inilah tipe kekuatan diriku (strenght typology) menurut tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talent Mapping




Hasil tes ST 30 itu kok banyak merahnya? Apa karena kekuatanku banyak ya? Benar  nggak ni? Atau karena aku tidak fokus? Masih jadi pertanyaan nih. 

Anyway, Alhamdulillah Thank God, aku banyak kelebihan dan tidak selalu menimbun lembah untuk kelemahan. Moga terus bisa meningkatkan kualitas menjadi pribadi yang lebih baik. 

Kurasa pilihanku untuk menjadi professional facilitator sudah cocok dan sejalan dengan hasil ST 30 diatas. Tinggal meningkatkan jam terbang. Bismillah...

Selanjutnya, kuingin pensiun menjadi guru. Walaupun sudah pensiun menjadi guru PNS semenjak tahun 2002, tapi aku merintis dan mendirikan lembaga pendidikan lagi semenjak tahun 2007. Alhamdulillah  sudah  mulai bisa mandiri dan kulepas dengan pendelegasian tugas tugas.

Ya, kuingin pensiun menjadi guru. Guru yang sibuk dengan urusan keformalan dengan tetek bengek administrasi yang bejibun. SK ini SK itu, surat ini surat itu, buat buku ini, buku itu, administrasi akreditasi yang bikin sakit typus, administrasi sertifikasi yang melelahkan, administrasi tunjangan, rapat ini, rapat itu dan seterusnya, dan seterusnya. Aku bisa mengerjakannya, tapi semua itu membuatku stress, aku tidak suka. Seperti rumus yang sudah diajarkan bu Septi MENARIK TAPI AKU TIDAK TERTARIK.

Aku memang suka menulis, tapi bukan menulis urusan administrasi. Aku bisa menyusun kurikulum, membuat perencanaan pembelajaran dengan rapi,membuat penilaian dan evaluasi, dan lain-lain yang sehubungan,  tapi itu "bukan gue". Sejatinya aku suka pakai yang simple saja, just like "mind mapping". Aku suka penilaian yang bebas tak terbatas, karena masing-masing individu berbeda dan value yang dianut juga tak sama.

Aku punya BELIEF,(semakin nyadar setelah Talents Mapping I) senang melayani orang lain dengan tulus, ingin menjadi orang yang bermanfaat buat orang lain, komitmen terhadap keluarga, senang membantu orang lain dan membuat orang lain sukses.

So, I wanna be happy. Happy is a choice, so I choose resigning to be a formal teacher. I wanna be informal and nonformal professional facilitator. May God bless me...

Inilah kuadran aktifitasku 


BISA

TIDAK  BISA
SUKA
Fasilitator
Membaca & menulis
Sharing ideas (berbagi)
Menjadi blogger
Utak atik blog
Membuat flier
Menulis buku solo
TIDAK SUKA
Administrator
Hal-hal yang berhubungan dengan angka-angka/matematika




---------------------------
Tanah Mati, Gelar Sajadah 212, 2016
Betty, Sang Pemburu Hikmah

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...