Thursday, 26 January 2017

KOMUNIKASI PRODUKTIF # 2nd DAY CHALLANGE #

Game Kelas Bunda Sayang, Level 1

Belajar lagi untuk konsisten melaksanakan program presentasi dalam keluarga. Program ini sebenarnya sudah lama, tapi yaa itu tadi jatuh bangun, bangun dan jatuh lagi jatuh dan jatuhnya lamaaa hihihi. Jangan ditiru kawan.
Awal tahun 2017 ini komitmen diperbaharui, alhamdulillah sudah berjalan sekali sepekan. Setiap waktu presentasi tampil dua, tiga atau empat orang anggota keluarga, tergantung dengan kumandang azan Isya. Kalau azan Isya sudah memanggil maka kegiatan presentasi langsung di "cut", karena anggota keluarga laki-laki mesti shalat berjamaah ke masjid.

Ummi menyampaikan bahwa presentasi adalah hal yang penting untuk pembelajaran bercerita, bernarasi dan bertutur. Demikian yang dilakukan para arif bijaksana secara turun temurun dari generasi ke generasi, termasuk dalam satuan pendidikan terkecil yakni keluarga. Sehingga peran peradaban tetap terjaga. So, bercerita bernarasi dan bertutur adalah keniscayaan hingga akhir zaman. 

Begitu juga presentasi adalah momen yang tepat untuk menyampaikan "uneg-uneg, ide atau pengaliran rasa terutama buat Ummi, hihi. Pengaliran rasa bagi ummi adalah salah satu cara untuk menjaga kewarasan, hahaha. 

Kalau anak-anak biasanya akan memilih temanya masing-masing. Misalnya, si Bungsu O im memilih untuk membaca buku, karena ia baru saja pandai membaca. Ia sangat antusias dan waktu presentasi adalah hal yang ia tunggu karena ia akan unjuk kebolehannya membaca. Ia sering jadi alarm dan pengingat buat anggota keluarga yang lain bahwa telah tiba saat presentasi. Bahkan belum jadwal presentasipun ia akan minta untuk presentasi. Mungkin ini efek bahasa produktif dan applause yang didapatnya ba'da presentasi yach. Uniknya untuk membaca "sendiri" O im lebih suka membaca terjemahan alqur'an dari buku Qur'anku Sahabatku.
Aisyah dan Fathimah belajar dan mencoba presentasi dengan Bahasa Asing :)Belajar bertutur dan bernarasi selain dengan bahasa ibu. Mereka sudah siap untuk belajar bahasa lain karena bahasa ibu sudah mereka kuasai dengan sangat baik bahkan bahasa ibu yang terjelekpun ia sudah mumpuni, Astaghfirullah...

Nah, mumpung sekarang lagi ada tantangan komunikasi produktif di perkuliahan Bunda Sayang Ibu Profesional, maka saya memanfaatkan momen ini untuk memperbaharui kembali komitmen dalam menerapkan komunikasi produktif terutama bersama anak dan keluarga. Saya juga meminta dukungan ayah untuk mengawalnya agar ia selalu menjadi realita. Bismillah.


#hari2
#tantangan10hari
#komunikasiprodukif
#kuliahbunsayiip

Tanah Mati, 25 Januari 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...