Saturday, 28 January 2017

KOMUNIKASI PRODUKTIF 4th DAY CHALLANGE


*Keterampilan Bertanya dan Seni Menjawab*
Setiap Jumat adalah jadwal English Club di KATO. Anak anak berangkat dengan sepeda. O im senang sekali naik sepeda "warisan" ini ke KATO. Ia sangat bahagia bisa menyelesaikan dua tanjakan yang panjang dan lumayan tinggi, sebelum sampai di gazebo.
Ummi belum pernah lulus dengan tantangan tanjakan ini. Jempol jempol itu mungkin sangat berpengaruh untuk ia esok hari naik sepeda lagi. Diawal awal bersepeda ke KATO Oim, menuntun sepedanya di tanjakan persis seperti Ummi. Selanjutnya ia berusaha naik sedikit, esoknya setengah, esoknya lagi tiga perempat, sampai akhirnya ia berhasil. Dengan penuh semangat ia menceritakan ke Uni, Kakak dan Ayah.
Sampai di KATO ide English Game keren diutarakan Fathimah. Fathimah dibantu Aisyah menjelaskan cara permainan dengan "clear". Selanjutnya ia "clarify" dengan bertanya ke peserta dan memberikan contoh.
Ya, inilah game asyik untuk "latihan" seni bertanya, keterampilan menjawab sembari menambah kosakata. Cocok dimainkan dan dipakai untuk semua bahasa dan semua tingkat umur berbeda dalam satu kelas.
Seni bertanya dan keterampilan menjawab adalah hal yang urgen untuk bisa menerapkan komunikasi produktif dalam keseharian kita. Dan itu tidak ujuk ujuk sukses muncul tanpa latihan, 5W(what, when, where,why,who) + H (how)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...