Friday, 24 February 2017

TANTANGAN KEMANDIRIAN #DAY2

Melatih kemandirian adalah pilihan hidup karena kita tidak akan selamanya bersama anak. Seringkali yang menjadi kendala dalam melatih kemandirian ini adalah orang tua. Tips bagi orang tua dalam melatih kemandirian anak, antara lain"

  1. Jangan mudah iba dengan beban sekolah anak-anak sehingga semua tugas kemandirian  dikerjakan oleh orang tuanya.
  2. Izinkan anak menentukan tujuannya sendiri.
  3. Percayakan manajemen waktu yang telah dibaut oleh anak
  4. Kenalkan kesepakatan, konsekuensi dan resiko. 
Let's see, apa yang dilakukan anak-anak dalam melatih kemandirian.
First, Untuk keterampilan literasi, Aisyah menantang dirinya sendiri untuk menulis satu halaman satu hari. Ia mempunyai target ditahun 2017 ini, bisa menerbitkan buku solo. 

Hari ini adalah hari pertama Aisyah belajar menjahit dengan maestro yang dipilihnya sendiri, setelah ditawarkan beberapa orang guru. Ia melakukan perjalanan mandiri naik sepeda dan berkomunikasi dengan sang guru tanpa ditemani ummi. Bagiku ini  merupakan prestasi karena keberaniannya pergi sendiri dan berbicara dengan guru tanpa canggung. O ow rupanya hari ini belum berjodoh Aisyah belajar karena orang tua gurunya sedang sakit dan tidak bisa ditinggal. 

Second, Fathimah juga menantang dirinya setiap hari menghasilkan makanan. Hari ini ia menyediakan pancake untuk sarapan keluarga. Untuk Mengurangi gluten Fathimah menambahkan tepung beras, dan gula aren untuk menghindari gula pasir. Setelah matang pancakenya langsung habis, Fathimah lupa motoin. So, tidak ada bukti penampakannya (hehe), padahal semua bilang itu pancake yang uenak!

Third, Abdurrohim terdaulat menjadi jendral sampah dirumah. Ia bertanggungjawab  memastikan sampah berada ditempatnya yang tepat. Ia juga boleh mengingatkan dan menegur penghui rumah yang salah taruh sampah atau belum bertanggung jawab dengan sampah masing-masing. Alhamdulillah O im bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Latihan kemandirian diatas adalah tambahan dari rutinitas yang sudah biasa dilakukan anak-anak dirumah seperti laundry, cuci piring, berbenah, bersih-bersih dan lain-lain.

Gan batte! Moga tetap semangat dan istiqomah...

#Hari2
#Level2
#KuliahBunSay
#MelatihKemandirian

-----------------
Tanah Mati, 24 Februari 2017
Betty sang Pembelajar

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...