Saturday, 10 June 2017

POHON LITERASI #3

KEGIATAN LITERASI O IM

* Mendengar dan Berbicara (Listening and Speaking)

O im menyimak dengan baik kegiatan Ramadhan di masjid, termasuk yang berhubungan dengan proses mendengar. Ia menyimak lengkap dengan bunyi "niiit...niiit...." kode waktu dari bel masjid pertanda tiba waktu iqomat. terus lanjut dengan ajakan imam, " rapat dan luruskan shaf." Allahuakbar ... (takbiratul ihram) sampai salam.

Di rumah saatnya ia meniru dan mengulang-ulang bacaan imam-imam yang biasa memimpin shalat di masjid Alhidayah Tanah Mati. Ia juga semakin tahu ayat-ayat favorit masing-masing imam.

O im tak akan mau tidur kalau belum dibacakan buku walaupun sangat mengantuk sekali. Ia sudah pandai membaca, namun masih sangat senang kalau dibacakan.


* Membaca dan menulis (Reading and Writing)

O im senang membaca komik untuk aktifitas membaca mandiri. Sedangkan kegiatan menulis masih didominasi dengan menggambar stick figure. Gambarnya kaya sungguh kaya cerita. Berlembar-lembar kertas dihabiskan setiap hari untuk menggambar. Uniknya dia masih ingat aja cerita untuk setiap gambar yang dibuatnya walaupun itu gambar sudah lama sekali.

Tilawah alqur'annya semakin lancar, alhamdulillah. But hari ini ada satu "rahasia mantra" yang ummi ketahui. Sebelum O im mulai tilawah kami membuat kesepakatan dulu, bagaimana cara menegur kesalahan bacaannya. Sebab, O Im tak mau diberitahu kesalahannya membaca qur'an. Katanya cukup ummi kasih kode aja kalau dia salah dengan , "mmhh....mmhh....". "Biarkan O Im berfikir sendiri,"katanya. "kalau ummi kasih tau juga O Im tak tau kelanjutannya," begitu ia beralasan.

Kalau ummi ngotot juga memberi tahu dan menunjukkan bacaan yang salah, O Im akan ngambek dan bisa jadi aktifitas tilawah terhenti begitu saja.

Berarti harus punya trik nih ummi menghadapi si bungsu ini.


O ya,  sebenarnya bacaannya sudah lumayan bagus, makhorijul hurufnya semakin OK. Panjang pendek bacaan juga sudah paham. Tasydid, alif lam qomariah dan samsyiah sudah mengerti. Cuma  dengung/gunnah yang belum Ummi ajarkan. Ayoo Ummi tingkatkan kesabaranmu...jangan menggegas...



* Presentasi (aktifitas speaking)

Presentasi tentang pohon literasi yang kami buat berdua dengan O Im adalah ide O Im. Dia juga minta Ummi untuk merekam vidionya. Yes we did it...... Presentasinya dah bagus, sesuai dengan tingkat umurnya. But what??  Setelah selesai ummi banyak sekali memberi arahan, masukan dan nasehat....(dasar ya emak...emak tukang cerewet, hihi). Ekspektasi terlalu tinggi, perfeksionis, tak menghargai proses. Tak membiarkannya belajar sendiri, improve sendiri. Astaghfirullahal'aziim....O Im tak mau mengulanginya lagi, hiks. Ini salah ummi...

So, siapa sesungguhnya yang belajar? Sok-sok an lah ummi bilang jadi guru buat anak. Anaklah yang mengajari ummi banyak hal, bukan?

#gamelevel5
#tantangan10hari
#hari3
#kuliahbunsayiip
#forthingtochangeIhavetochangefirst



Tanah Mati, 10 Juni 2017
Betty yang masih belajar

2 comments:

  1. Sepakat sekali dengan isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaah...terima kasih banyak kang Alee kunjungannya. komen singkat padatnya membuat semangat menulis menyala nih.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...