Thursday, 19 October 2017

FASILITATOR BUNSAY OFF LINE IIP PYK-LK

#Laporan

Bismillah...

Alhamdulillah telah selesai caturwulan pertama kelas Bunda Sayang off line IIP Payakumbuh-Lima Puluh Kota. 

Pertemuan perdana diadakan empat bulan yang lalu, di bulan Mei 2017 bertepatan dengan bulan Ramadhan 1438 H. 

Setiap pertemuan kelas off line selalu dimulai dengan tilawah alqur'an secara bergantian. Ini merupakan nilai plus karena awal kuliah dulu diadakan di bulan Ramadhan. So, untuk selanjutnya teman teman peserta tak ingin melewatkan tilawah qur'an setiap awal kelas. 

Setelah tilawah qur'an lanjut dengan  materi, diskusi dan game diskusi lagi. Alhamdulillah setiap pertemuan kuliah selalu berlangsung seru.






PESERTA

Kuliah off line bunda sayang batch 2 ini diikuti oleh 10 orang peserta. Tetapi dalam perjalanan ada dua peserta yang bedrest hamil, sehingga tidak bisa hadir kuliah. Namun, perkuliahan bunda sayang off line suka diikuti juga oleh teman teman yang terdaftar on line. Mereka ingin ikut karena terkadang belum terlalu paham dengan hanya membaca saja di layar hape, begitu teman teman on line beralasan. Ya, saya izinkan saja karena seringkali malah kehadiran mereka membuat kelas menjadi hidup, dan diskusi makin seru.





"MAOMPUAK"

Setelah membahas materi, diskusi, cemilan dan game, kegiatan yang tak pernah luput setiap pertemuan adalah "Maompuak" alias makan bersama di talam atau piring besar. Makan dengan lauk sederhana dan sayur organik fresh from the garden, hehe. Makan menjadi pengikat ukhuwah semakin erat. Atau jangan jangan karena aktifitas ini peserta pada rajin datang? hush...jangan suuzhon,ding. :)


TANTANGAN

Tantangan yang saya hadapi sebagai fasil off line adalah dalam penulisan "GAME" oleh peserta. Alhamdulllah peserta rajin datang kuliah. Panas terik, hujan gerimis bahkan hujan deraspun mereka tetap datang. Bukan hanya sekali sebulan tapi hampir setiap pekan. But,  untuk menulis tugas "game",  hanya beberapa saja yang rajin mengumpulkan lengkapdan memperoleg badge dasar. Ketika ditanya, mereka bilang ada dibuat tapi tidak lengkap. Dan kalau tidak lengkap 10 hari mereka tak mau mengumpulkan. Atau ada yang bilang materi kuliahnya ada dipraktekkan tapi tidak ditulis, begitu mereka beralasan.

Rasanya saya sudah berusaha untuk selalu memotivasi, but just so so. Ada rasa bersalah menyelinap. Mungkin karena saya ingin teman teman lulus semua yach. Mudah mudahan dengan adanya Code of Conduct peserta kuliah Bunda Sayang, yang akan segera berlaku berbagai kendala ini bisa teratasi.

Berikut rekap Game Peserta.




NO
NAMA PESERTA
GAME LEVEL 1
GAME LEVEL 2
GAME LEVEL 3
GAME LEVEL 4
1
Desna Murni
V
V

V
2
Esti Suvia
V
V
-
-
3
Nengsi
V
V
V
V
4
Rahmaini
V
-
-
-
        5
Naniko Susanti
V
-
-
-
6
Niki Martini
V
-
-
-
7
Widia Putri
-
-
-
-
8
Viona Susanti
-
-
-
-
9
Yenti Eliza
-
-
-
-
10
Darlen
V
V
V
V


Nama-nama yang diceklis adalah peserta yang memperoleh badge.

Demikian laporan ini saya tulis, mohon berkenan memberi masukan dan saran untuk perbaikan kedepannya.

------------
Tanah Mati, 19 Oktober 2017
Betty Fasil off line

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...