Thursday, 30 November 2017

CITA-CITA VS MAQOM ILMU

Bagaimana perasaan anda kalau ananda bercita-cita ingin menjadi satpam? Apakah anda menertawakan atau melecehkan? Apakah bisa anda menerima dengan legowo dan berjiwa besar? Ini yang terjadi dengan si bungsu O im, ia ingin sekali menjadi satpam. Terinspirasi dari satpam yang menjaga gerbang sekolah dan bank. O im melihat satpam itu keren sekali. Ia mengenakan  seragam mirip tentara, punya pisau dan pentungan. 

Tidak berapa lama cita-citanya berobah lagi. Ia ingin menjadi pembalap. Segala aksesoris pembalap dia ingin memilikinya. Mulai dari baju, sepatu, sarung tangan, helm dan seterusnya. Ia mengoleksi miniatur motor, pembalap, helm, serta piala-pialanya.  Ia juga suka melihat tayangan vidio pembalap. Apakah mesti di cut cita-citanya itu?. Ia justru belajar bahasa Inggris dari vidio itu. 

Lain waktu ia ingin menjadi pemain bola. Setiap hari mendesak ayah untuk berlatih bola. Merajuk minta dibelikan sepatu bola, kaos kaki, kaos bola, dan asesoris pemain lainnya. Apakah mesti dilarang juga? toh, ia belajar banyak juga dari sepak bola ini. Ia membuat miniatur lapangan sepak bola lengkap dengan para pemainnya dari kardus bekas. Ia belajar menulis dan dikte dengan menuliskan nama-nama pemain bola berbagai klub berikut nomor punggungnya. Ia bergaul dan bermain bersama dengan teman teman dan kakak-kakak yang lebih tua dilapangan bola.

Saatnya ummi berkisah, "O im boleh jadi apa saja, Nak. O im boleh memilih menjadi satpam, boleh menjadi pembalap, boleh menjadi pemain bola atau yang lainnya. Tapi O im harus belajar Al qur'an, belajar sunnah, belajar ilmu-ilmu agama dan mengamalkannya.

Selanjutnya kami memurojaah kembali kisah komik Al Fatih sang Penakluk Konstantinofel. Mengulang kembali kisah taatnya Mehmet cilik. Hafal Alqur'an di usia 8 tahun. Rajin belajar dan tekun berlatih memanah dan bermain pedang. Bercita-cita dan bertekad kuat untuk menaklukkan Konstantinofel sebagaimana ayahnya dan kesultanan Turki Ustmani telah menitipkan cita-cita itu.

----------------
Tanama, 30 November 2017


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...