Wednesday, 13 December 2017

FITRAH IMAN USIA AQIL BALIGH

#Portofolio FBE Aisyah, 15 yo, Fathimah 13 yo

Pembiasaan dan keteladanan saja ternyata tidaklah cukup untuk menumbuh suburkan fitrah keimanan sang buah hati. Akan tetapi terlibat ditambah diskusi dan penjelasan akan jauh lebih bermakna. Kenapa? Let’s see.
Untuk memakai hijab dan menutup aurat misalnya, duo gadis Ummi ini sudah dibiasakan sedari kecil dan mereka juga sudah nyaman kalau keluar rumah memekai hijab. Keteladanan juga sudah disuguhi saban hari dari keistiqomahan Ummi menutup aurat (cie…cie…). Duo gadis sudah tau dan mengerti pada siapa saja aurat mesti dijaga.


Sampai suatu hari curiousity mereka makin tinggi dan Fathimah terlontar bertanya, “Mana dalil yang menyuruh kita menutup aurat, Mi?” Maka selanjutnya kami belajar dan membuka Alqur’an bersama.
1. Q.S Al Ahzab:59 “ Wahai nabi! Katakanlah kepada istri istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.”Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang.”
2. QS. An Nur : 31 “ Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali yang terbiasa terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali kepada suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan terhadap perempuan, atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang merek sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.
3.      Q.S Al Ahzab : 33 “ Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias (tabarruj) dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih bersihnya.
Kami juga memurojaah kembali buku “Yuk Berhijab”nya  Felix Y. Siauw. Semoga pemahaman kami tambah menambah.






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...