Saturday, 2 December 2017

PESAWAT TEMPUR

Membacakan kisah sebelum tidur adalah wajib bagi O im. Ia belum akan tidur kalau ummi belum berkisah. Kisahnya harus pula dia yang memilih, tidak bisa sesuka hati ummi saja.  seperti malam ini Ummi sudah pilihkan kisah nabi muhammad saw, eh malah oim dikisahkan tentang pesawat. Dia rela melawan rasa kantuk demi memilih deretan buku-buku di rak untuk dibaca sebelum tidur. 

"V/STOL adalah singkatan dari Vertical or Short Takeoff and Landing. Pesawat V/STOL merupakan pesawat yang bisa terbang naik dan turun dan diam seperti helikopter. V/STOL ada yang menggunakan jet dan ada yang tidak. Jet V/STOL yang terkenal adalah pesawat tempur Inggris, Sea Harrier.

O Im,....
Penggunaan kekuatan udara sebagai bagian dari angkatan perang, bukan saja dikenal sejak pesawat diciptakan. Ribuan tahun sebelumnya, Nabi Sulaiman as telah menggunakan burung sebagai bagian dari angkatan perangnya. Hal itu dapat terjadi dengan izin Allah Ta'ala. 

Alqur'an mengabarkan, "Untuk Sulaiman, dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia, dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib, (Q.S Al Naml :17)

Kami tundukkan angin bagi Sulaiman, yang perjalanan pada waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan, dan perjalanan di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan pula. (Q.S. Saba' : 12)  

Dari ayat tersebut kita tahu bahwa berkat kekuasaan Allah SWT, di zaman dahulu pun, Nabi Sulaiman sudah dapat menggunakan angin sebagai alat transportasi yang kecepatannya tidak kalah dengan pesawat terbang modern. Pesawat tempur modern adalah salah satu hasil karya manusia yang terus berkembang dan dikembangkan. Dan, kita patut bersyukur atas semua pencapaian itu.


Tanana, 2 November 2017
Baiti-Madrosati


Sumber inspirasi, Eksiklopedi Anak Pintar, Eka Wardhana. PT Sapta sentosa : 2011.
          

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...